Sabtu, 23 Maret 2013

Seberapa Cepat Loading Blog Anda ?

Blogger-Seberapa cepat loading dari Blog Anda ? Cuman tiga atau dua jawaban dari pertanyaan itu. Cepat atau lambat. Cepat, sedang-sedang (lumayan cepat / lumayan lambat) atau lambat loading. Blog yang cepat loadingnya tentu lebih baik daripada blog yang lambat loading. Blog yang cepat loading memiliki keuntungan bahwa pengunjung akan betah dengan blog kita. Pasalnya banyak pengunjung yang tidak suka apabila masuk ke dalam satu alamat website atau blog sehingga mereka harus menunggu.

tools analyzer loading blog
Tampilan numion/stpwatch
Mengingat pentingnya kecepatan loading suatu blog. Lantas bagaimana kita mengetahui kecepatan loading blog kita. Berikut ingin saya share kepada teman-teman cara mengetahui loading blog Anda.

Beberapa website yang dapat digunakan untuk melihat kecepatan blog Anda diantaranya :

  1. Masuk ke http://gtmetrix.com/. Di dalam alat bantu ini, Anda akan report atau hasil seberapa cepat loading blog Anda. Di sini juga akan ditampilkan grade-grade atau tingkatan-tingkatan loading setiap bagian dari blog Anda. Di sini pula akan dianalisa bagian dari Blog Anda yang memiliki ukuran yang besar hingga kepada ukuran bagian blog yang lebih kecil. Saya pikir ini sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan bagian dari blog Anda mungkin yang ingin dibuang saja karen mempenagruhi kecepatan blog Anda.
  2. Pingdom Tools. Masuk ke www.pingdom.com. Sama dengan Gmetrix, pingdom tools juga menawarkan tools untuk melihat seberapa jauh kecepatan blog Anda. Dalam Pingdom Tools pun, akan diuraikan bagian-bagian Blog Anda yang yang loading-nya cepat dan bagian dari blog Anda yang memang lambat loading. Semuanya akan diringkas dan ditampilkan untuk Anda sehingga memudahkan Anda ke depannya.
  3. Google Developers. Pada bagin ini Google akan menawarkan kepada Anda Tools yang juga dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan blog Anda. Lansung saja masuk ke alamat https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights
  4. Yang ke empat Tools yang ingin saya rekomendasikan buat Anda adalah Numion Stopwatch. Anda bisa mencobanya dengan langsung masuk ke alamat we berikut : http://numion.com/stopwatch/ .  Masukkan alamat Blog Anda kemudian tekan tombol Start Stop Watch.
  5. Tools yang terakhir yang ingin saya rekomenmdasikan buat Anda untuk mengetahui kecepatan loading blog Anda adalah Web Page Analyzer - 0.98-from Website Optimization. Lansung saja Anda masuk ke alamat berikut : http://websiteoptimization.com/services/analyze/
Itulah tools yang dapat Anda gunakan dalam menganalisis kecepatan loading blog Anda. Selamat mencoba. Saya pikir dengan adanya tools-tools seperti ini, akan memberikan pemahaman baru dan pertimbangan buat Anda jika ingin mempercantik blog Anda, apalagi jika Anda ingin pasang gadget di dalam blog Anda karena terlalu banyak widget ataupun gadget yang digunakan dapat merusak kecepatan loading Anda, memperlambat loading blog Anda. Semoga tips blog berguna dan Semoga bermanfaat....!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung
Berkomentarlah Dengan Sopan !