Sabtu, 09 Maret 2013

[TIPS] Cara menghemat baterai android

Berhubung ane liat banyak postingan" yang nanya cara hemat baterai  (baik di grup ini maupun di grup tetangga), maka ane bakal share cara penghematan yang BENAR" HEMAT berguna juga buat Model ICS atau GB gan ^_^
RULE 1: Matikan WiFi ketika tidak digunakan
WiFi dapat menyedot banyak batere ketika dia berusaha meng-scan network yang available. Kalau ada network yang open, sistem akan menotifikasi pengguna atau akan mengkoneksikan dirinya jika sudah pernah di remember.  Disinilah borosnya batere, ketika terkoneksi, akan terjadi upload  download terus menerus setiap beberapa menit (dalam rangka agar tetap  terkoneksi dengan network / tidak idle).
RULE 2: Matikan 3G/HSDPA, ganti ke 2G atau matikan sekaligus
Tidak ada salahnya anda menyalakan paket data, namun dengan  dinyalakan paket data 3G/HSDPA, anda akan merasakan baterai yang lebih  cepat terkuras. Saran saya adalah mengganti koneksi cukup sebagai 2G  (GPRS) atau matikan paket data sekaligus (karena kalau di Airplane Mode  rasanya terlalu ekstrim :p )
Cara mengaktifkan 2G di ICS CM9 adalah dengan pergi ke Settings, di  bagian Wireless & Networks pilih More.., pilih Mobile Networks,  centang Use Only 2G Networks.
Untuk GB cukup ke Settings -> Wireless and Networks -> Mobile Networks -> Use Only 2G Networks
RULE 3: No Live Wallpaper
Live Wallpaper = Animasi, Animasi = Memaksa CPU untuk bekerja  lebih keras... Jadi Live Wallpaper = Memaksa CPU untuk bekerja lebih  keras. Saya mencoba untuk menyalakan LW di ICS CM9, alhasil, cepet  panas. Oleh karena itu budidayakan Wallpaper static, malah kalau bisa  gunakan wallpaper yang banyak hitam! Kenapa? Karena dengan warna hitam, berarti layar tidak perlu menggunakan intensitas warna yang besar untuk membuat warna tersebut.
RULE 4: Jangan Install aplikasi aneh" yang berjalan di background dan aplikasi yang berat memori.
Tersebutlah aplikasi" ga jelas yang memberikan iklan" aneh di  notification bar ataupun aplikasi baterry management yang kerjanya nyala  matiin network. Toh, kalau anda menggunakan itu, berarti anda sudah  meminta aplikasi tersebut bermain di background, bahkan ketika HH anda  idle. Alhasil, batere kekuras. Salah satu aplikasi yang berat memorinya  adalah: Facebook for Android. Update-an terbaru menambahkan sampah  memori yang cukup banyak.
RULE 5: Maen game HD dan Batere Panas
Yang ini sangat berhubungan sekali dengan kekurasnya baterai.  Ketika CPU bekerja dengan sangat keras, Batere akan menjadi cepat panas,  namun game akan sangat lancar. Jika ini sudah terjadi cepat lepas  casing baterai agar sirkulasi udara menjadi lancar. Boleh dicoba juga,  kipasi stand fan atau semacamnya ketika batere mulai panas (35 drajat  celcius, dari normal 27 atau 30 drajat celcius). Jika baterai panas  terus menerus akan menjadi cepet rusak dan bisa bocor!
RULE 6: Screen Brightness dibawah 20%
Sesuaikan Screen Brightness ane. Ketika di tempat gelap / tidak  terkena sinar matahari, usahakan Screen Brightness dibawah 25%, maish  tetep keliatan kok. Ketika berada dibawah sinar matahari, 20% tidak akan  kelihatan. Minimal 80% baru bisa keliatan warnanya...
RULE 7: Jangan ada widget bertebaran di Homescreen
Widget bertebaran tidak amat cantik lahh... Buat apa pajang  wallpaper kalo ga keliatan? wkwk...Intinya dengan adanya widget, anda  menambahkan beban ke CPU dan Memory. Jadi no widget, no beban ke memori  dan CPU. :)
RULE 8: Hapus aplikasi stock ROM yang tidak digunakan dan Freeze Aplikasi yang menurut anda ingin digunakan namun tidak sering
Coba baca post ini.. VIEW
RULE 9: Matikan auto sync pada HH anda
Untuk GB, settingan ada pada : settings>account and sync.
Untuk ICS, anda cukup pergi ke Settings -> Accounts and Sync, dan geser ke off.
Direkomendasikan auto sync untuk mati. Percuma anda idle hh, koneksi 2g, tapi tiap 15 menit nyedot data kayak vakum kliner.
Selanjutnya akan masih ditambahkan kalo ane inget :D
Ingat"!
Bacalah Pejwan dan gunakan search feature!
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Credits:

  • Willy & Robby
  • XPERIENCE MOD
  • KASKUS Group Android

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung
Berkomentarlah Dengan Sopan !