Jumat, 08 Maret 2013

Cara Cloning Template Blog versi Hack4rt

Cloning Template Hack4rt
sjutait.com
(Requested by Ajie) Ada yang pernah baca post Hack4rt tentang Template "Mastemplate | Maskolis Template - Modified by Hack4rt" ? dan apakah pernah lihat template Johny DarkMag di mastemplate? Lebih dahulu mana? Hack4rt atau Mastemplate yang mempublikasikan template JohnyDarkMag....? Bagi yang sering berkunjung ke blog Hack4rt pasti sudah pasti lebih dahulu Hack4rt yang mempublikasikannya. Bukan mau sombong atau pamer nih gan hehe, ini cuma buat contoh aja buat template cloningan ane dari maskolis. 

Tentang DarkMag - Pertama kali saya, Noval Bintang tahu template Johny DarkMag dari teman blogger saya yaitu Eko Budi Santoso empunya Share4rt. Entah awalnya apa, saya akhirnya ingin mengcloning template JohnyDarkMag, untuk mempermudah saya melihat source codenya untuk mengetahui darimana awal template ini dibuat. Dan, wow ternyata template ini awalnya dari template Johny Wuss yang superseo itu. Template yang seperti inilah yang sangat mudah untuk dicloning karena hanya dari perkembangan template sebelumnya. 

Cloning Template Hacl4rt
Berbeda lagi dengan template Om-Dayz yang pernah saya kloning sebelum post ini dibuat. Untuk Template Om-Dayz sepertinya perkembangan dari Template Dark Himajie V.2. Tapi, dari bentuk comments blocknya berbeda dengan Dark Himajie V.2.

Dari pembahasan di atas, kesimpulan dari Hack4rt yaitu "Cloning Template akan Mudah jika Template Tersebut Merupakan Perkembangan Template Sebelumnya". Nah, kalau dari kesimpulan tersebut, Kloning Template itu sebenarnya Copy Paste CSS dan ditambah dengan design HTML nya.

Lalu,  CSS kode template yang mana? Biasanya CSS template berada pada diantara <style> dan </style>, tapi, hati-hati biasanya ada 2 CSS kode untuk template, CSS pertama untuk tampilan default blog dan CSS kedua untuk tampilan pada homepage. 

Tahapan Pada Cloning Template
Sebenarnya tahapan pada cloning template untuk template yang dikembangkan lebih mudah karena hanya ada 2 tahapan, yaitu CoPas Code CSS kemudian Redesign element yang belum sempurna. Ada juga template yang dikloning satu-satu yaitu pengkloningan template dengan mengcopy CSS kode dengan perelement bukan keseluruhan CSS blog. Sebenarnya saya ingin membuat cara contoh pengkloningan pada Johny DarkMag, namun karena penjelasan yang sulit maka membuat saya mengcancel rencana itu.

Penjelasan Cloning Om-Dayz - Sedikit untuk penjelasan proses pengcloningan template Om-Dayz. Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, template cloning Om-Dayz yang pernah saya buat berasal dari Dark Himajie V.2. Awalnya, saya hanya mengcopy CSS template Om-Dayz dan paste/menggantikan CSS template Dark Himajie V.2 (*Penjelasan mengganti CSS ada di atas yang tadi). Dan hasilnya masih belum seperti yang diinginkan, karena pada tampilan post akan terlihat ukuran lebar yang hanya 300px. Akhirnya design lagi dengan CSS Homepage dengan kode .post{width:300px;} kemudian pada CSS default .post width dihilangkan, agar width otomatis sesuai dengan lebar text atau wrapper. Sebenarnya selesai sampai sini saja template sudah terkloning dengan beberapa kekurangan, namanya juga template cloning hehe.

Tahapannya seperti berikut
  1. Copy CSS Template 
  2. Paste/gantikan CSS lama dengan CSS yang tercopy tadi
  3. Jika Sesuai, Selesai. Jika Tidak, design lagi
  4. Buat CSS Homepage dengan .post {width:300px} / yang sesuai
  5. Hapus width dari CSS Default .post
  6. Selesai
  7. Design lagi jika ingin lebih menarik
Penjelasan Cloning DarkMag - Template ini berasal dari template Joghny Wuss yang SEO yang sangat super! Seperti halnya cloning Om-Dayz, copas CSS template juga. Kalau sudah, deisgn lagi karena pasti ada kekurangan dan keanehan, seperti menu atas yang rusak dan harus diubah HTML nya. Kemudian post di HomePage sebaiknya CSS kodenya jangan diubah kecuali box-shadow dan lainnya.
by:hack4rt.us | novalbs | novalbintangs

1 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung
Berkomentarlah Dengan Sopan !